Google Translate di Android Bisa Digunakan Offline


Foto: cdn.appstorm.net

Dengan dunia yang serba terkoneksi internet, cukup mudah bagi kita untuk mengunjungi negara lain tanpa bingung berkomunikasi antar-bahasa. Tinggal ambil ponsel cerdas, buka Google Translate, ketikan kalimat dalam bahasa Indonesia, kemudian terjemahkan dan sampaikan hasil terjemahannya. Namun, bagaimana bila ternyata internet tidak bisa diakses dan kita terdampar di negara yang bahasanya tidak dimengerti?

Jangan khawatir. Tetap buka saja Google Translate. Karena, Android baru saja meluncurkan aplikasi Google Translate di sistem operasi robot hijau tersebut yang mampu menterjemahkan bahasa secara offline. “Hari ini kami meluncurkan paket bahasa offline untuk Google Translate di Android,” tulis Minqi Jiang, Manajer Program Rekanan (Associate Program Manager) di blog resminya Android pada Kamis (28/3/2013) lalu.

Lebih lanjut, Minqi menulis bahwa aplikasi ini mendukung 50 bahasa di seluruh dunia, dari mulai Perancis dan Spanyol, hingga bahasa China dan Arab. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna menterjemahkan teks kanji vertikal dalam bahasa China, Jepang, dan Korea melalui kamera ponsel. Tinggal arahkan kamera ponsel ke tulisan kanji, dan Google Translate Offline akan menterjemahkannya ke bahasa pengguna.

Meskipun begitu, tidak semua versi Android bisa menjalankan fitur ini. Hanya Android 2.3 ke atas saja yang mampu mempergunakan Google Translate Offline beserta fasilitas penerjemahan huruf kanji melalui kamera ponsel.

Untuk mempergunakan aplikasi ini, pengguna harus mengaturnya sebelum beranjak offline. Pada saat online, pengguna harus memilih 2 bahasa yang akan dipergunakan di menu Offline Language. Kemudian aplikasi ini akan mengunduh secara otomatis paket bahasa yang dimaksud. Setelah paket terunduh, pengguna pun bisa langsung mempergunakannya tanpa akses internet. Langkah-langkah pengaturan, bisa dilihat pada gambar di bawah tulisan ini.

Meskipun aplikasi ini tidak sekomprehensif bila difungsikan secara online, tetapi cukup membantu menterjemahkan kalimat-kalimat umum selama bepergian di negara orang tanpa akses internet. “Jadi, pergilah dan eksplorasi bahasa dan budaya lain tanpa khawatir akses internet. Karena ada dunia yang seluruhnya offline di luar sana,” ungkap Minqi menutup tulisan rilis tersebut.***

Langkah-langkah pengaturan Google Translate Offline di Android. (Foto: officialandroid.blogspot.com)
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s