Teknologi Digital Terkini Pilihan Siswa SMA


Foto: news.com.au

Oleh: Hindraswari Enggar

Penulis adalah blogger di enggar.net. Aktivitasnya saat ini adalah mengajar pelajaran Teknologi dan Ilmu Komputer di sebuah Sekolah Menengah Atas di Jakarta.

Beberapa waktu lalu, saya memberikan tugas presentasi kepada murid-murid saya di kelas. Tema presentasinya sendiri mengenai Teknologi. Dalam hal ini, siswa boleh mempresentasikan apapun mengenai teknologi digital, dari mulai aplikasi berupa perangkat lunak sampai perangkat komputernya itu sendiri.

Teknologi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Mengacu pada definisi tersebut, maka TV, mobil, satelit, kereta api, dan segala sesuatu yang dimaksudkan untuk memudahkan kehidupan manusia disebut dengan teknologi.

Beberapa materi pembelajaran yang saya berikan terdahulu merupakan contoh pengaplikasian teknologi komputer yang dapat kita nikmati. Hadirnya media sosial seperti Facebook, Twitter, ataupun keberadaan aplikasi seperti Google Map, instagram, dan Skype semakin memudahkan pekerjaan manusia. Dengan mengetahui perkembangan teknologi yang ada, diharapkan siswa dapat memanfaatkan perangkat teknologi secara optimal, dan baik tentunya.

Untuk itu, dalam presentasi ini, saya ingin semua siswa saling belajar dan berbagi ilmu. Dan pastinya, saya selaku guru pun mendapatkan pengetahuan berharga dari presentasi semua murid saya. Terima kasih ya, nak. Presentasi kalian bagus-bagus.

Berikut ini beberapa tema yang dipilih dan telah dipresentasikan oleh siswa-siswa saya.

Tobii Gaze

Tobii Gaze adalah teknologi untuk mengoperasikan komputer dengan menggunakan pandangan mata. Jika biasanya kita menggunakan mouse untuk menjalankan sebuah aplikasi, maka dengan Tobii Gaze, pengoperasian komputer dapat dilakukan melalui pandangan mata saja. Keren, bukan?

Teknologi ini menggunakan bantuan kamera yang dapat mendeteksi gerakan mata si pengguna komputer. Meskipun begitu, pihak Tobii Gaze merasa bahwa sistem ini masih belum sempurna. Menurutnya, teknologi ini masih kesulitan melakukan fitur zooming sehingga masih diperlukan bantuan tombol scroll pada mouse. Selain itu, jika pengguna tanpa sengaja menoleh, kemungkinan besar aplikasi yang sedang terbuka akan tertutup dengan sendirinya.

Sixth Sense

Teknologi ini sebenarnya bukanlah ide yang baru. Elemen-elemen pembentuknya telah dikembangkan sebelumnya, seperti: “kaca tipis”, layar sentuh, dan NFC. Sixth Sense sendiri hanya nama yang diberikan oleh salah satu orang. Beberapa produsennya, seperti microsoft dan samsung, telah mengembangkan ide itu ke dalam produk mereka.

Google Viewer Underwater

Dengan teknologi ini, kamu bisa melihat keindahan bawah laut tanpa harus menyelam. Kok bisa? Nah, itu istimewanya. Aplikasi Google Viewer dapat menampilkan dunia bawah laut dengan kedalaman sampai 100 meter. Penggunaan aplikasi ini serupa dengan produk Google lainnya yang sejenis, seperti Google Maps dan Google Earth.

Sayangnya, belum banyak zona laut yang bisa kita amati saat ini. Beberapa yang sudah tersedia di antaranya adalah Australia dan Hawai. Sedangkan untuk Asia baru Filipina.

Bagaimana dengan Indonesia sebagai negara maritim yang tentu saja memiliki banyak laut? Nah, ini adalah tugas generasi muda untuk kelak bisa menambahkan Indonesia sebagai daftar laut yang ada di aplikasi Google Viewer Underwater. Atau bahkan barangkali kelak kalian membuat aplikasi yang lebih bagus dari Google Viewer Underwater? Mengapa tidak?***

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s